Jumat, 17 Mei 2013

Penempatan Lulusan STAN: BPK

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga merupakan salah satu instansi dimana anak STAN ditempatkan, meskipun secara struktur organisasi, BPK bukan berada dibawah Kemenkeu.


Tugas dan fungsi BPK adalah melakukan pemeriksaan (audit) atas Laporan Keuangan/Kinerja instansi-instansi pemerintah, termasuk Kemenkeu. Selain itu BPK juga bisa melakukan pemeriksaan atas permintaan khusus, misalnya pemeriksaan atas kasus Bank Century dulu. Jadi bisa aja nanti ketika melakukan pemeriksaan di Kemenkeu, yang diperiksa mungkin aja temen-temen ketika kuliah di STAN dulu. 

Kemampuan yang menunjang dalam bekerja di BPK antara lain auditing dan akuntansi. Audit laporan keuangan itu sendiri adalah kebalikan dari akuntansi. Bila akuntansi adalah mencatat transaksi-transaksi keuangan lalu membuatnya menjadi laporan keuangan, maka audit adalah menelusuri atau membuktikan suatu laporan keuangan, sampai ke transaksi atau bukti-buktinya. Jadi saling terkait antara auditing dan akuntansi. Mayoritas anak STAN yang ditempatkan di BPK adalah dari spesialisasi akuntansi.

Kantor pusat BPK terletak di Jalan Gatot Subroto, Jaksel, tepat di depan gedung DPR RI. Sedangkan kantor cabang/daerah terletak di masing-masing ibu kota provinsi. Jadi bila kamu ditempatkan di BPK, maka kemungkinan penempatan kalo ga di Jakarta ya di salah satu ibu kota provinsi di seluruh Indonesia.