Kamis, 14 Maret 2013

Ujian Saringan Masuk (USM) STAN


sumber: http://yogiekristianto.wordpress.com
Kementerian Keuangan merupakan salah satu Kementerian di Negara Indonesia ini yang mempunyai tugas antara lain merencanakan, mengawasi, mengawal, serta melaporkan keuangan negara. Dalam rangka memenuhi permintaan pegawai yang ada di kementerian keuangan, salah satunya (selain tes CPNS) didirikanlah STAN. Nah sumberdaya manusia yang akan digodok di STAN ini disaring dengan yang namanya USM STAN (Ujian Saringan Masuk STAN)

USM STAN diadakan tiap tahun, dengan rasio jumlah yang diterima dibandingkan jumlah pendaftar rata-rata 2-4% tiap tahun. Jumlah peserta yang diterima tersebut merupakan proyeksi kebutuhan pegawai di Kemenkeu sesuai tahun lulusnya nanti. Misal ni ya, tahun 2008 STAN menerima 2000 mahasiswa, maka kebutuhan Kemenkeu tahun 2012 adalah sekitar 2000 anak.

Ini juga menjawab pertanyaan, kenapa tahun 2011 kemarin cuma buka D1 aja? yup karena memang butuhnya untuk 5 tahun ke depan cuma lulusan D1 aja. Selain karena memang kebijakan pimpinan (menteri).

Tahun 2013? saat ini belum ada pengumuman resmi.

jalur masuk STAN cuma ada USM STAN, sampai tahun 2010 tesnya cuma tes tulis, namun mulai tahun 2011, USM STAN terdiri dari 4 proses

1. Verifikasi Berkas
2. Tes Tulis
3. Tes Kesehatan & Kebugaran
4. Tes Assesment

Oke pertama Verifikasi Berkas. Verifikasi berkas ini merupakan pemeriksaan kelengkapan dan syarat-syarat yang harus kamu penuhi untuk ikut USM. Alurnya, kamu daftar online ->  ngirim berkas-berkas syarat ke STAN lewat pos -> oleh STAN berkas tersebut diperiksa -> pengumuman yang lolos pemerriksaan/verifikasi -> kamu membayar uang pendaftaran -> mengambil nomor ujian

Tahun 2011 kemarin ada sebanyak 50 ribuan peserta yang lolos verifikasi berkas, namun yang mengambil nomor ujian cuma 40 ribuan.

Kedua Tes Tulis, tes tulis merupakan step paling krusial dalam 4 tahapan diatas, kenapa? karena paling banyak yang gugur tu disini. bisa dibilang, kalo lolos tes tulis, udah menginjakkan satu kaki di STAN. tahun 2011, dari 40 ribuan peserta tes tulis, diambil sekitar 2700 anak yang akan mengikuti tahap selanjutnya. Tes tulis nanti akan dijelaskan lebih detail.

Tahap selanjutnya adalah tes kesehatan dan kebugaran. Tes Kebugaran meliputi lari keliling lapangan selama 12 menit dan lari membentuk angka 8.

Sedangkan tes kesehatan meliputi check up:
1.  Mata
2. Tenggorokan
3. Denyut Nadi
4. Tensi Darah
5. Buta Warna
6. Telinga

Tahun 2011 ada 1700an anak yang lolos ke tahap selanjutnya yaitu tes assesment, jadi ada sekitar 1000 anak yang gugur di tes kesehatan dan kebugaran ini. Trus tes assesment itu kayak gimana? di tes assesment, peserta disuruh mengisi form biodata serta data-data lain yang diminta, lalu diwawancarai. Pertanyaan pada saat wawancara misalnya tentang cita-cita, atau bagaimana apabila diterima di jurusan yang tidak diminati di STAN.