Kamis, 14 Maret 2013

FAQ tentang STAN

Sumber: stan-banyumas.blogspot.com
Q: bagaimana proses penerimaan mahasiswa STAN?
A: STAN menerima mahasiswa bedasarkan permintaan (kebutuhan pegawai) dari eselon 1 Kemenkeu (DJP, DJBC, BPPK, DJPB, dll) untuk proyeksi 3 tahun (D3) atau 1 tahun (D1). setelah ada permintaan tersebut, kemudian disampaikan ke STAN, kemudian STAN membuka pendaftaran mahasiswa baru

Q: kenapa tahun lalu (2011) cuma D1 sedangkan D3 tidak?
A: ini dikarenakan hanya pegawai D1 yang dibutuhkan dari tiap eselon 1 kemenkeu, sedangkan untuk D3 yang akan lulus tahun 2004 tidak ada permintaan maka STAN tidak membuka pendaftaran D3

Q: apakah masih ada penerimaan STAN untuk tahun 2013?
A: Masih belum ada pengumuman resmi

Q: apakah STAN masih ikatan dinas?
A: STAN emang NGGAK IKATAN DINAS LAGI.
tapi BUKAN BERARTI lulusan stan nggak kerja di kemenkeu.
Definisi ikatan dinas kan selagi kuliah udah dapat duit (status CPNS), tapi di STAN enggak. Di STAN kamu masuk, kuliah gratis, lulus, magang dulu (sambil nunggu SK penempatan), setelah beberapa bulan kamu akan jadi pns di lingkungan kemenkeu.
Kerja di kemenkeu ini, sifatnya WAJIB. kemenkeu nggak akan melepaskan mahasiswa stan dengan tenang setelah menguras duit negara untuk pendidikan mahasiswa STAN. Malah kalau kamu nggak mau kerja di kemenkeu kamu HARUS mengganti uang pendidikan sebesar puluhan juta.
Jadi kalau ada yang bilang STAN nggak ikatan dinas lagi, itu emang benar. Dosen pun juga bilang gitu. Tapi kalau ada yang bilang lulus cari kerja sendiri, itu salah.

Q: apakah perbedaan lulusan STAN tahun 2011 dengan sebelum-sebelumnya?
A: mulai lulusan tahun 2011, ada perubahan peraturan menteri keuangan nomor 94/PMK.01/2010 ke peraturan menteri keuangan nomor 215/PMK.01/2011 tentang tata cara penyaringan dan penerimaan calon PNS dari D1 dan D3 STAN. jadi mulai lulusan 2011 harus mengikuti dulu ujian CPNS. dimana lulusan tahun 2011 kemarin ada ujian psikotest. namun tesnya ini khusus untuk lulusan STAN aja, ga campur seperti tes CPNS biasa.

Q: apakah adanya ujian CPNS bisa menggagalkan lulusan STAN?
A: kalo logikanya sangat kecil sekali ujian CPNS bisa menggagalkan lulusan STAN, karena selain lulusan STAN unggulan, negara juga tidak mungkin membiarkan orang yang telah dibiayai 1 tahun / 3 tahun keluar dari kemenkeu. pengalaman lulusan 2011, 100% yang ikut ujian CPNS lulus semua.

Q: apakah pasti bekerja di kemenkeu?
A: mayoritas iya, tapi nanti ada beberapa instansi diluar kemenkeu yang “minta” lulusan STAN juga. misalnya BPK (badan pemeriksa keuangan) atau BPKP

Q: Kapan Pendaftaran USM STAN 2013?
A: masih belum diketahui

Q: Program diploma apa saja dibuka?
A: masih belum diketahui

Q: Apakah tahun ini ada program D3?
A: masih belum diketahui

Q: Kenapa tahun 2011 kemarin STAN tidak dibuka program D3?
A: STAN berbeda dengan universitas lain. STAN belum tentu setiap tahun kontinyu membuka pendaftaran. Penerimaan STAN disesuaikan dengan kebutuhan dan formasi yang tersedia.

Q: Bagaimana Tahapan Pendaftaran USM STAN?
A: Sistem Pendaftaran Online  http://usm.stan.ac.id), setelah mengisi form, print out bukti pendaftaran dicetak dan semua berkas pendaftaran dikirimkan via pos kilat khusus ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAN 2011/2012 PO BOX STAN JKS 12000. Pembayaran dilakukan setelah berkas diverifikasi oleh panitia. Setelah verifikasi peserta mengambil print out BPU sesuai jadwal yang ditetapkan.

Q: Syarat-syarat Pendaftaran USM STAN?
A: untuk syarat tahun 2011 kemarin
• Berijazah SMA/sederajat,
• Nilai rata-rata pada ijazah tidak kurang dari 7.00,
• Nilai bahasa Inggris pada ijazah minimal 7.00 (tahun 2011), nilai ujian tertulis bahasa inggris minimal 7.00 (tahun 2010 dan sebelumnya).
• umur tidak kurang dari 17 tahun per 30 september 2011 dan tidak lebih dari 20 tahun per 1 september 2011.
• Berbadan sehat, tidak cacat badan, dan bebas narkoba
• Bersedia tidak menikah selama pendidikan

Q: Apakah lulusan SMK semua jurusan boleh mendaftar?
A: Lulusan smk semua lulusan boleh mendaftar

Q: Bagaimana yang dimaksud dengan Nilai Rata-rata Ijazah?
A: Gabungan semua nilai di ijazah dibagi jumlah mata pelajaran

Q: Jika DO dari pendidikan, Apakah tetap diangkat jadi CPNS?
A: Yang dikeluarkan dari pendidikan tidak akan diangkat jadi CPNS

Q: Tes apa saja selama USM STAN?
A: TPA dan Bahasa Inggris, Tes Kesehatan dan Kebugaran, dan Assessmet

Q: Apa itu assessment?
A: suatu pendekatan sistematis untuk mendapatkan informasi tentang individu. Informasi ini digunakan untuk membuat keputusan terkait dengan karier peserta. Assessment dapat berupa tes tertulis dan/atau wawancara.

Q: Apa saja syarat untuk mendaftar Prodip Bea Cukai?
A: Laki-laki, tinggi lebih dari 165cm, tidak buta warna, dan minus kurang dari 3,00.

Q: Bolehkah mata minus lebih dari 3,0 mendaftar USM STAN?
A: Minus lebih dari 3,0 diperkenankan mendaftar tapi tidak boleh memilih prodip Bea Cukai

Q: Bolehkah perempuan memilih jurusan bea cukai
A: Tidak boleh.

Q: bolehkah seseorang yang cacat fisik mendaftar?
A: boleh, dengan catatan cacat tidak menghalangi dalam mengikuti tes usm stan.

Q: bolehkah berijazah pesantren mendaftar usm stan?
A: Boleh mendaftar, jika memenuhi syarat.

Q: bolehkah berijazah paket C mendaftar usm stan?
A: Boleh mendaftar, jika memenuhi syarat

Q: Apakah STAN membuka kelas bayar (STAN Swasta)?
A: STAN tidak membuka kelas berbayar

Q: Apakah kuota setiap daerah sama?
A: Tidak ada kuota daerah

Q: Bagaimana bentuk tes kesehatan dan kebugaran?
A: Pemeriksaan kesehatan dan atletik (lari).

Q: Kalau pernah patah tangan/kaki, boleh memilih spes bea cukai?
A: Boleh

Q: Dimana lokasi pendidikan?
A: Lokasi pendidikan di Kampus STAN Bintaro dan/ atau Balai Diklat Keuangan di daerah. Lokasi pendidikan ditetapkan pada pengumuman hasil akhir usm stan.

Q: stan itu ada asrama nya ga sih?
A: ga ada, kos sendiri

Q: kuota thn depan kira kira berapa rb ya??
A: belum tau

Q: kapan ada Try Out STAN?
A: TO tergantung masing2 daerah, km tanya kakak kelas atau anak daerahmu yg kuliah disana. Untuk diketahui, STAN tidak pernah mengadakan TO resmi

Q: tahun ini adanya D3 apa D1?
A: masih belum tau

Q: berapa biaya daftar ulang di STAN?
A: daftar ulang cm skitar 600ribu itu dari BEM, bukan STAN, kalopun g mampu, gpp g bayar

Q: stan yg S1 jurusannya apa aja ?
A: ga ada, kalo ga D3 ya D1

Q: jalur beasiswa untuk masuk stan itu apa aja yah?
A: semua ga bayar, ga ada jalur jaluran

Q: kalau cewe ngambil pajak ada tes fisiknya atau gak? kalau ada, tes fisiknya kayak gimana?
A: semua ada tes fisik, cm lari aja

Q: Kalo ambil D1, itu kuliahnya di daerah masing” ya bukan di bintaro?
A: di balai diklat keuangan atau di bintaro. balai diklat keuangan sendiri ada di beebrapa daerah

Q: apa berlatih dgn soal2 taun2 sebelumnya membantu usm taun brikutnya?
A: pasti dunk, jadi hafal dan paham tiap tipe soal, karena tiap tahun tipe soal mirip

Q: kota tempat ngambil usm ngaruh gak sih sama kuotanya?
A: ga ngaruh kok

Q: stan buka jalur SNMPTN atau PMDK ga?
A: ga, jalur masuk cuma ujian saringan masuk STAN

Q: liat nilai rapot pengaruh ga?
A: raport ga diliat scr langsung, tapi kan nilai ijazah 60% nilai raport, sedangkan nilai ijazah digunakan sebagai persyaratan mendaftar. jadi secara ga langsung pengaruh

Q: tes tulis USM STAN apakah juga dipengaruhi oleh nilai ijazah?
A: ga pengaruh, nilai ijazah cuma buat syarat daftar, nilai tes tulis murni dari tes tulis aja